Latihan

Written on 10.10 by Analisis Media



1. Menurut Arrhenius, asam klorida yang dilarutkan dalam air akan memberikan sifat asam   pada larutan, sedangkan natrium hidroksida akan memberikan sifat basa pada larutan.
a.    Berdasarkan teori Arrhenius, tuliskan reaksi yang terjadi ketika asam klorida (HCl) dan natrium hidroksida (NaOH) dilarutkan dalam air!

b.    Tuliskan pengertian asam dan basa berdasarkan jawaban soal a!



2. Dalam larutan, asam Bronsted-Lowry akan bereaksi dengan air dan terionisasi, seperti pada reaksi berikut:
 HF(aq) + H2O(l) H3O+(aq) + F-(aq)

a.  Berdasarkan teori Bronsted-Lowry, senyawa manakah yang bertindak sebagai asam dan basa? 

b.    Tuliskan pengertian asam dan basa berdasarkan jawaban soal a!



3. Persamaan reaksi ionisasi asam lemah HF pada soal no.2 mempunyai tetapan kesetimbangan:

Dimana konsentrasi larutannya merupakan konsentrasi larutan dalam keadaan setimbang. Nilai tetapan ionisasi (Ka) pada beberapa senyawa asam diberikan pada tabel berikut:

Tabel I juga berisi nilai pKa yang merupakan nilai logaritma negatif dari Ka:
pKa = - log Ka

a.    Apakah yang menentukan urutan senyawa asam pada tabel I dari atas ke bawah?

b.    Nilai pKa asam nitrat dan Ka asam asetat pada tabel I belum diketahui, tentukan nilai pKa dan Ka senyawa asam tersebut!

c.    Pada larutan asam florida (HF) 1,0 M, [HF] = 0,973 M, [H3O+] = 0,0264 M, dan [F-] = 0,0264 M. Tunjukkan bahwa perbandingan konsentrasi larutan tersebut selalu sama dengan nilai tetapan ionisasi asam untuk asam florida pada tabel I! Berapa persen molekul HF yang terionisasi?

d.    Pada larutan asam klorida (HCl) 1,0 M, [HCl] = 0,0001 M, [H3O+] = 0,9999 M, dan [Cl-] = 0,9999 M. Tunjukkan bahwa perbandingan konsentrasi larutan tersebut selalu sama dengan nilai tetapan ionisasi asam untuk asam klorida pada tabel I! Berapa persen molekul HCl yang terionisasi?

e.    Asam florida merupakan asam lemah, sedangkan asam klorida merupakan asam kuat. Berdasarkan jawaban pada soal c dan d, jelaskan mengapa demikian!

f.     Berdasarkan soal e, tuliskan definisi asam lemah dan asam kuat!


4. Tetapan ionisasi asam (Ka), merupakan tetapan kesetimbangan untuk reaksi kesetimbangan asam. Hal ini menunjukkan perbandingan konsentrasi reaktan dan produk pada kesetimbangan. Produk yang penting dari reaksi ionisasi asam ialah ion hidronium dan konsentrasi ion hidronium sering diistilahkan sebagai nilai pH, yang merupakan nilai logaritma negatif dari ion hidronium:
pH = - log [H3O+]

a.    Berapakah pH 0,25 mol HCl yang dilarutkan dalam 125 ml air?

b.  Asam asetat (CH3COOH, pKa = 4,74) terdapat dalam cuka dengan konsentrasi 1,00 M. Dalam keadaan setimbang, tentukan konsentrasi ion hidronium, ion asetat, dan asam asetat dalam larutan cuka tersebut! Berapakah pH larutan tersebut?



5. Di dalam laboratorium terdapat beberapa larutan yang akan diuji keasamannya. Larutan tersebut terdiri atas pelarut desinfektan, air jeruk, cuka, antasida, dan air aki. Sarankanlah suatu uji untuk mengetahui sifat kelima larutan tersebut!

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

2 Comments

  1. Anonim |

    Kak .. minta jawaban nomor 4 dong..

     
  2. haris |

    assalamualaikum.pak boleh gk sy minta jawaban dari soal diatas

     

Posting Komentar